01 May, 2017

Vintage Bus International Navistar Milik Universitas Advant Bandung Di Jamnas BMC Mekarsari 2017

Busnesia.com - Selamat siang, kali ini busnesia akan mengulas vintage bus International berkaroseri Navistar milik Universitas Advant Bandung yang dibawa ke Jambore Nasional Busmania Community 2017 di Mekarsari oleh BMC Korwil Bandung. Bus International Navistar ini Lebih dikenal sebagai Bus Sekolahnya orang Amerika. Nah, Bis ini ada di Bandung dan hanya terdapat 2 unit saja. Bus International Navistar ini asli Amerika buatan tahun 1990. Bus International Navistar ini merupakan bus Built-up dari Amerka yang dikirm ke Jepang untuk kendaraan dinas US Nav. Bis ini merupakan eks kendaraan militer tentara Amerika Serikat saat bertugas di Jepang. Dan pada awal tahun 2000an, bus International Navistar ini dihibahkan ke Universitas Advent Indonesia, Bandung.

Bus International Navystar

Nah, bus antik dan langka ini dibawa ke Jambore Nasional BisMania Community kemarin di Mekarsari oleh BMC Korwil Bandung. Sudah tentu sepanjang perjalanan bus ini dari Bandung ke Jakarta bus ini jadi perhatian masyarakat.

Bus International

Sejarah Bus International Navystar

Dalam sejarahnya, menurut penelusuran om Didik Edhi Nismara dalam blognya, bus ini bermesin International, dengan kapasitas mesin 6.000 cc turbo dan power 170 HP serta transmisi automatic. Bus International Navistar ini memiliki GVW 12 ton dengan body buatan karoseri Navystar.Dan berikut Video Bus International Navystar dalam Jamnas BMC 2017 


Awal mula kedatangan bis ini ke Indonesia dilatari ketidakmampuan rekotrat UNAI menyediakan armada antar-jemput tenaga perawat. Akhirnya Pak Yusuf, kepala bagian otomotif, mengajukan bantuan kepada mantan rektor UNAI yang berada di negeri Paman Sam. Kebetulan mantan atasannya tersebut dekat dengan salah satu pejabat militer di Dinas Pertahanan USA. Awalnya, pihak UNAI akan diberikan bantuan sebanyak 4 unit bis International. Berhubung masih berstatus commisioning, atas permintaan Pak Yusuf, pada tahap pengiriman, akan diterima satu unit terlebih dulu. Namun satu tahun kemudian, armada lain yang akan diambil ternyata sudah dihibahkan ke Yayasan Advent yang berada di Filipina sebanyak 2 unit. Dari satu unit yang tersisa, oleh mantan rektor UNAI ini, kemudian dimintakan bantuan sebanyak 15 unit kendaraann, diantaranya adalah 1 unit International Navystar, 2 unit Hino RK built up dan mobil-mobil lainnya.

Jamnas BMC

Properti Video Klip Peterpan

Bis international ini pernah menjadi artis pada video klip lagu Peterpan “Di Atas Awan”, dan stripping pada dinding bis ini merupakan kenang-kenangan pada saat shooting. Tak sekedar itu, bis ini juga pernah main film “Sumpah Pocong”. Stiker “Eidelweis” merupakan stiker yang digunakan pada saat take picture untuk sumpah pocong.

Nah sekian dulu pembahasan mengenai bus Internasional Navistar bertagline #jasmerah jangan sekali-kali melupakan sejarah. Tagline tersebut merupakan kreasi BMC Bandung yang mencoba mengingat sejarah di tahun 2011 lalu. Dimana BMC Bandung membawa armada Navistar milik Universitas Advent Bandung. Dan di event Jamnas tahun ini BMC bandung kembali membawa bus International Navistar Limited Edition milik Universitas Advent Indonesia ini ke Jamnas Bismania2017 di Mekarsari.
Next
« Prev Post
Previous
Next Post »

Terima Kasih

Followers