Keterangan ini penulis peroleh dari Pakdhe TONO AGUS yang merupakan pelaku langsung sejarah bus ini dan berikut cerita beliau:
Saya sebagai pelaku sejarah bisa
saya terangkan sbb:
tahun 1979 bapak Suroso (sekarang
sebagai owner Rosalia Indah) mendirikan agen tiket PO Timbul Jaya di Palur dan
seiring dengan kemajuan beliau menjadi agen, akhirnya bapak Suroso ditunjuk
sebagai kepala cabang unit 2 Palur oleh bp H Atmo Wiranto (owner PO Timbul Jaya)
Wonogiri untuk area operasional wilayah jawa timur.
Adapun jurusan yg bapak Suroso
kelola adalah Solo-Surabaya 4 unit, Solo- Kediri 2 unit dan untuk jurusan
dari
Jatim-jakarta-Lampung-Palembang-Jambi dengan unit armada non AC. Untuk
memperkuat pemasaran tahun 1982 bapak Suroso mendirikan travel dengan nama
Rosalia Indah dengan armada Colt T120 untuk men shutle penumpang dari pelosok
jawa timur.dengan sistym operasional jemput bola.
Di era 80an PO Timbul Jaya bisa
dikatakan jagonya jawa sumatra,dan menjelang tahun 1984 bapak Suroso mendirikan
travel jurusan Yogya-Solo-Kediri-Blitar-Malang-Surabaya dengan armada Colt L300
dan Isuzu Elf dan disaat itu beliau masih sebagai kepala cabang Timbul Jaya
unit 2 palur. Seiring kemajuan usaha travelnya akhirnya bapak Suroso tahun 1989
membeli 4 unit bus Hino AK174LA Silver Wing non AC untuk membuka jalur Solo-Blitar dan masih memegang jabatan kepala cabang Timbul Jaya
Unit 2 palur.
Dan tahun 1991 akhirnya bapak Suroso
resmi mengundurkan diri dari Timbul Jaya dan mulai membuka usaha sendiri dan juga
membuka trayek Solo-Jakarta sampai sekarang.
Demikian penjelasan saya
tentang Timbul Jaya dan Rosalia Indah
semoga bermanfaat dan kalau ada kekurangan dari penjelasan saya bisa dikoreksi.
Sumber: Pakdhe Tono Agus
Next
« Prev Post Previous
Next Post »
« Prev Post Previous
Next Post »
Mohon maaf sekedar usul, Seharusnya judul artikel "usaha suroso"
ReplyDelete