Ada satu fenomena yang cuku menarik di dunia perbisan saat ini. Bus-bus
dengan karoseri adiputro sangat mendominasi, banyak sekali
operator-operator bus yang mempercayakan rancang bangun body di karoseri
berlogo ksatria berkuda ini. Bahkan operator yang semula identik dengan
suatu karoseri, kini beralih ke karoseri asal kota Malang ini. Padahal model keluaran adiputro ini cenderung tetap dan konvensional.
Bandingkan dengan pesaingnya dari karoseri besar yang lain, mereka
merilis model2 baru yang memang benar2 baru dan cenderung revolusioner
sebut saja Laksana dengan Legacy dan SR-1 nya, NA dengan Evobus nya atau
Tentrem dengan Scorking nya. sangat berbeda dengan model terbaru dari
AP Jetbus yang notabene hanya Facelift dan bokonglift saja alias cuma
ganti lampu thok.Tapi kenyataannya siapa yang paling laku di pasaran??
Saya yakin semua bismania sepakat jawabannya adalah yang terakhir
disebut.
|
Kalau tidak salah sekiar tahun 1994 ya 1995, karena ada tulisannya "menyambut tahun emas
Republik Indonesia" 17-8-1995. ini pertama kalinya diperkenalkannya
patent "Royal Coach" yg menjadi ciri khas adi putro hingga sekarang |
Mengapa demikian??
Menurut pendapat saya selera konsumen sekarang sudh berubah. Saat ini
konsumen menginginkan bus yang nyaman, luxury dan berkelas. Maka
operator berusaha untuk membuat bus-bus mereka menjadi Bus "Luxury"
sebuah bus yang mewah dan nyaman inteior pun eksterior. Nah, bicara soal
Luxury Bus Image yang ada di masyarakat saat ini Bus-Bus buatan
adiputro adalah bus kelas atas yang lux, mewah dan sudah pasti nyaman.
Lihat saja sangat jarang kita jumpai bus Adiputro dipakai untuk bus
kelas Ekonomi apalagi Bus Bumel. Jadi kuncinya adalah Brang Image
Adiputro sebagai karoseri bus kelas atas (High End) yang menjadikan
karoseri ini selalu terdepan dalam penjualan.
|
Foto:
|
Nah bagaimana desain awal dari karoseri Adiputro ini? Untuk bus desain awal dari Karoseri Adiputro seperti tampak dalam gambar. Nah seperti itulah Royal Coach buatan Karoseri Adi
Putro edisi awal dimana Karoseri Adi Putro mulai meniti karier di
karoserie Big Bus.
|
Foto:
|
|
Foto: |
|
Foto: |
Untuk body ini setau saya bernama Batch. Untuk
foto Po Batam 168 Group Nusa Jaya Indofast itu generasi pertama.
Sedangkan untuk foto bus PO Seribu Bintang Transport (1992) AA1568DD itu
sudah ada sedikit ubahan di nat body.