Sejarah mencatat beberapa perusahaan otobus tempo dulu di Salatiga antara lain bus ADAM, PICCOLO dan SALAM. Perusahaan-perusahaan otobus tersebut memang sudah tidak ada lagi sejak jaman pendudukan Jepang sehingga jarang diketahui oleh masyarakat sekarang. Dalam artikel kali ini saya akan fokus pada PO ADAM saja.
Pada 1930 di Salatiga berdiri perusahaan otobus ADAM. Bus ADAM beroperasi dengan jenis bus sedang berkapasitas 32 penumpang. Ini merupakan bus pertama yang melayani rute Semarang - Salatiga - Boyolali - Solo PP sejauh kira-kira 100 km. Sayangnya sejak 1942 saat masa pendudukan Jepang bus ini tidak beroperasi lagi.
Berikut saya salinkan PO ADAM Dalam Catatan EDDY VAN DE WALL
Een grote busonderneming vanaf ongeveer 1930 voor Salatiga belangrijk, was de ADAM. Die onderhield een geregelde dienst, met grote bussen (voor 32 passagiers) over het traject Semarang, Salatiga, Bojolali en Solo v.v. Onderweg waren vaste haltes. Het busstation van Salatiga kon als een eind- en beginstation beschouwd worden. Bussen van en naar Semarang waren vaak vol. Het traject is 100 km. Omdat Salatiga op een gebergte ligt en Semarang en Solo in een laagvlakte, heeft deze weg veel hellingen. Sommige zijn heel stijl.
Van deze maatschappij was ook de schoolbus naar Semarang v.v. Vanaf het begin van de Japanse tijd, in 1942, reden er door gebrek aan benzine geen bussen meer. Nadat de Japanners de bussen hadden gevorderd, hield de maatschappij op te bestaan.
Credit: PO ADAM Dalam Catatan EDDY VAN DE WALL
Pada 1930 di Salatiga berdiri perusahaan otobus ADAM. Bus ADAM beroperasi dengan jenis bus sedang berkapasitas 32 penumpang. Ini merupakan bus pertama yang melayani rute Semarang - Salatiga - Boyolali - Solo PP sejauh kira-kira 100 km. Sayangnya sejak 1942 saat masa pendudukan Jepang bus ini tidak beroperasi lagi.
Berikut saya salinkan PO ADAM Dalam Catatan EDDY VAN DE WALL
Een grote busonderneming vanaf ongeveer 1930 voor Salatiga belangrijk, was de ADAM. Die onderhield een geregelde dienst, met grote bussen (voor 32 passagiers) over het traject Semarang, Salatiga, Bojolali en Solo v.v. Onderweg waren vaste haltes. Het busstation van Salatiga kon als een eind- en beginstation beschouwd worden. Bussen van en naar Semarang waren vaak vol. Het traject is 100 km. Omdat Salatiga op een gebergte ligt en Semarang en Solo in een laagvlakte, heeft deze weg veel hellingen. Sommige zijn heel stijl.
Van deze maatschappij was ook de schoolbus naar Semarang v.v. Vanaf het begin van de Japanse tijd, in 1942, reden er door gebrek aan benzine geen bussen meer. Nadat de Japanners de bussen hadden gevorderd, hield de maatschappij op te bestaan.
Credit: PO ADAM Dalam Catatan EDDY VAN DE WALL
Next
« Prev Post Previous
Next Post »
« Prev Post Previous
Next Post »
Era 80an di Malang juga ada bus ADAM express, bus bumel dan bus malamnya juga ada, rata2 pakai mesin Mercedes Benz mb of 1113
ReplyDeleteMelayani jurusan :
Malang Madiun Solo Jogja Magelang
Malang Madiun Solo Salatiga Semarang
Bis ini sekarang sudah kukut alias sudah hilang dari peredaran