Volvo AB merupakan salah satu perusahaan otomotif terkenal asal Swedia. Dalam benak masyarakat Indonesia, brand name
Volvo ini lekat pada kendaraan eksklusif, kendaraan yang sering dipakai
dinas para pejabat negara setingkat menteri dan anggota dewan. Memang,
tradisi model yang formal dan cenderung konservatif menjadikan Volvo
selaras dengan segala yang bernuansa kedinasan. Lihat di era 90-an,
sedan-sedan Volvo banyak diparkir di depan kantor pemerintah.
Volvo mulai menggebrak pasar bus Indonesia beberapa tahun lalu dengan seri B7R-nya, sebuah bus dengan mesin belakang dilengkapi air suspension dan
memenuhi standar Euro untuk uji emisi gas buangnya dan merupakan seri
Volvo yang paling banyak dipakai para pengusaha bus di Indonesia.
Chassis ini menggunakan retarder yang dimasukkan ke gearbox. Retarder ini fungsinya untuk memperlambat kelajuan mesin ketika rem diinjak agar mengurangi aus dan gesekan pada rem. Setelah mesin melambat, rem cakram mengambil alih dan membawa kendaraan untuk berhenti..
Rangkanya dibuat dari konstruksi baja yang kuat dengan bagian atas datar. Bagian atas yang datar memudahkan karoseri dalam membangun tubuh bus. Chassis ini dapat dibuat body dengan panjang maksimum sekitar 12,5 meter.
Chassis B7R ini bukan chassis yang jarang di Indonesia loh, banyak Perusahaan Otobis di Indonesia yang sudah banyak menggunakan jasa si Volvo ini contohnya : Sumber Alam, Tri Star, Purwo Widodo, Nusantara, Pahala Kencana, Metropolitan, Harapan Jaya, Budiman, Dewi Sri, Siliwangi Antar Nusa (SAN), dan masih banyak lagi.
3. PO Rejeki Baru
4. PO Makmur
5. PO Metropolitan
Nah itulah beberapa Perusahaan Otobus yang menggunakan armada bermerk Volvo, sayang Volvo terhiung jarang dipakai pengusaha ottobus di Indonesia.
Chassis VOLVO B7R |
Chassis ini menggunakan retarder yang dimasukkan ke gearbox. Retarder ini fungsinya untuk memperlambat kelajuan mesin ketika rem diinjak agar mengurangi aus dan gesekan pada rem. Setelah mesin melambat, rem cakram mengambil alih dan membawa kendaraan untuk berhenti..
Rangkanya dibuat dari konstruksi baja yang kuat dengan bagian atas datar. Bagian atas yang datar memudahkan karoseri dalam membangun tubuh bus. Chassis ini dapat dibuat body dengan panjang maksimum sekitar 12,5 meter.
Volvo D7E ini memberikan pengemudi akses ke sistem elektronik byang enar-benar baru dan menyajikan informasi secara rinci tentang data kendaraan selama mesin dihidupkan. Data ini memberikan kontribusi, antara lain untuk diagnosis kendaraan dan membantu dalam memantau kinerja secara keseluruhan. Sistem ini juga melakukan kontrol otomatis fungsi dasar seperti tingkat pendingin, tekanan oli, tekanan rem dan tekanan turbo saat mesin dimulai. Panel instrumen baru fitur layar elektronik, yang menunjukkan informasi kendaraan saat ini dan mengingatkan pengemudi jika ada kesalahan yang terjadi. Semua data kendaraan penting terdaftar dan status bus dapat dipantau setiap saat.
Berikut spesifikasi dari Volvo B7R (sumber : Volvo India)
Engine:
|
Rear-mounted, 6-cylinder, 7-litre diesel
|
Output:
|
D7E290, 213 kW, 1200 Nm
|
Emissions class:
|
Euro 3/Euro 4/Euro 5
|
Gross weight (GVW):
|
18 metric tonnes
|
Gearbox:
|
6-speed manual, 8-speed manual (choice of 2), 4-speed automatic, 6-speed automatic
|
Retarder:
|
Volvo compact retarder / Voith retarder
|
Suspension:
|
Air
|
Braking system:
|
Disc brakes, ABS, Optional retarder
|
Rear axle:
|
Rear axle with choice of seven ratios for best performance in each application area.
|
Steering angle:
|
50 degrees
|
Chassis B7R ini bukan chassis yang jarang di Indonesia loh, banyak Perusahaan Otobis di Indonesia yang sudah banyak menggunakan jasa si Volvo ini contohnya : Sumber Alam, Tri Star, Purwo Widodo, Nusantara, Pahala Kencana, Metropolitan, Harapan Jaya, Budiman, Dewi Sri, Siliwangi Antar Nusa (SAN), dan masih banyak lagi.
2. PO Purwo Widodo
3. PO Rejeki Baru
4. PO Makmur
5. PO Metropolitan
6. PO Tri Star
7. PO AO Trans
8. PO Dewi Sri
9. Inco
Nah itulah beberapa Perusahaan Otobus yang menggunakan armada bermerk Volvo, sayang Volvo terhiung jarang dipakai pengusaha ottobus di Indonesia.
Purwo Widodo, Ismo, AO
Trans, SAN, Nusantara, Colby Persada, Tri Star, Dewi Sri (paling banyak)
16 unit, Metropolitan, Pahala Kencana, Harapan Jaya.
Make Money at : http://bit.ly/copy_win
Sumber: http://busdalamfoto.blogspot.com/2014/11/po-sumber-alam-adalah-pemilik-bus-volvo.html
Konten adalah milik dan hak cipta busdalamfoto.blogspot.comNusantara, Pahala Kencana, Metropolitan, Harapan Jaya, Budiman, Dewi Sri, Siliwangi Antar Nusa (SAN), dan masih banyak lagi.
Sumber: http://busdalamfoto.blogspot.com/2014/11/po-sumber-alam-adalah-pemilik-bus-volvo.html
Konten adalah milik dan hak cipta busdalamfoto.blogspot.comNusantara, Pahala Kencana, Metropolitan, Harapan Jaya, Budiman, Dewi Sri, Siliwangi Antar Nusa (SAN), dan masih banyak lagi.
Next
« Prev Post Previous
Next Post »
« Prev Post Previous
Next Post »