AIR suspension, alias suspensi mobil dengan bantalan
udara digunakan sebagai penopang bantingan dan pengganti fungsi per.
Awalnya, sistem ini diperkenalkan oleh General Motors (GM) pada bis
sekitar tahun 1958. Hingga kini penggunaanya banyak diaplikasi oleh
berbagai mobil,bus dan trailer.
Berkat adanya bantalan udara, tekanan angin dapat diatur seusai dengan bobot terhadap ketinggian kendaraan. Intinya, termasuk komponen yang “adjustable”. Hal itu tentunya diperlukan sebuah peranti pompa udara dan tabung penyimpanan, sebelum disuntikan masuk lewat katup selenoid.
Dengan suspensi udara standar pabrik ini akan lebih meningkatkan kenyamanan dan stabilitas dari produk bus Golden Dragon milik PO Sumber Alam ini menjadi lebih terasa, baik dari sisi penumpang maupun pengendara bus. Suspensi udara ini memberikan kemudahan dalam hal perawatan dibanding dengan suspensi konvensional, dimana di dalam penggunaannya sehari-hari tidak dibutuhkan pelumasan bada bilah-bilah suspensi yang biasa dilakukan pada suspensi konvensional untuk mengurangi kebisingan. Sehingga jika terjadi kerusakan pada suspensi udara, maka cukup mengganti balon udaranya saja sebagai komponen utama dalam suspensi udara.
Berkat adanya bantalan udara, tekanan angin dapat diatur seusai dengan bobot terhadap ketinggian kendaraan. Intinya, termasuk komponen yang “adjustable”. Hal itu tentunya diperlukan sebuah peranti pompa udara dan tabung penyimpanan, sebelum disuntikan masuk lewat katup selenoid.
Dengan suspensi udara standar pabrik ini akan lebih meningkatkan kenyamanan dan stabilitas dari produk bus Golden Dragon milik PO Sumber Alam ini menjadi lebih terasa, baik dari sisi penumpang maupun pengendara bus. Suspensi udara ini memberikan kemudahan dalam hal perawatan dibanding dengan suspensi konvensional, dimana di dalam penggunaannya sehari-hari tidak dibutuhkan pelumasan bada bilah-bilah suspensi yang biasa dilakukan pada suspensi konvensional untuk mengurangi kebisingan. Sehingga jika terjadi kerusakan pada suspensi udara, maka cukup mengganti balon udaranya saja sebagai komponen utama dalam suspensi udara.
Karena udara mempunyai sifat dapat ditekan maka udara dapat digunakan
sebagai pegas. Udara digunakan sebagai bagian suspensi dari semua
kendaraan otomotif pada ban dan bisa juga digunakan untuk menjalankan
fungsi pegas. Udara yang ditekan digunakan untuk suspensi pada beberapa
bus, ketinggian kendaraan dan pengendaraan dapat dikontrol secara
otomatis terhadap berbagai perubahan beban penumpang. Artinya kendaraan
akan tetap memiliki ketinggian yang sama dan pengendaraan terjadi dengan
mulus baik dalam kondisi penumpang yang penuh atau kosong.
Air suspension memiliki sistem kerja
yang dimulai dari kompresor yang menyuplai udara ketabung, lalu dari
tabung dibagi ke kaki-kaki lewat selenoid yang dihubungkan lewat selang
udara. Pada air suspension pasti terdapat tombol beserta indikator untuk
mengatur naik turunnya air suspensi sesuai keinginan dan mengontrol
persediaan udara dalam tabung pada keempat roda, sebaiknya untuk tombol
pengaturnya ditaruh didepan dashboard atau di sesuaikan keadaan
kedudukan interior, yang terpenting adalah agar tombol pengatur mudah
dijangkau pengemudi.
Pada intinya air suspension sendiri
tidak perlu perawatan, yang perlu dirawat adalah tabung penampung air
pada kompresor dengan cara dibuang air-nya seminggu sekali. Selain itu
karet balon dari air suspension juga perlu untuk diperiksa kondisinya.
Sebaiknya karet balon meski tidak mengalami kerusakan, setelah 3 tahun
diganti agar tetap layak untuk dipakai harian, karena bahan karet
lama-kelamaan dapat mengeras dan retak, sehingga dapat terjadi
kebocoran. Untuk tabung air suspension sendiri tidak perlu perawatan,
karena seandainya bocor-pun masih bisa diperbaiki dengan mengganti seal
tabungnya. Dan seperti yang saya saksikan sendiri ketika bus PO Sumber Alam 01BL berchassis Golden Dragon yang di kemudikan om Dhidhi Wahyu P melakukan penggantian balon untuk sisi kiri belakang hanya di perlukan waktu 30 menit saja oleh tim teknisi PO Sumber Alam.
Next
« Prev Post Previous
Next Post »
« Prev Post Previous
Next Post »
nice info om...
ReplyDeletemakasih mas catur sudah berkunjung di blog saya
DeleteMas Widodo, ternyata punya perusahaan bus, ya?
ReplyDeleteOh tidak pak Rasyid, ini milik PO Sumber Alam dan saya sekedar berbagi mengenai Air Suspention saja... Makasih untuk kunjungannya...
ReplyDelete